Kepada Bapak, Ibu dan teman teman Pecinta & Pemerhati Budaya Tionghoa
Bersama ini kami, Keluarga Besar Museum BENTENG HERITAGE dan Persaudaraan PERTIWI (Peranakan Tionghoa Warga Indonesia) mengundang Kehadirannya pada Webinar yang berjudul ASAL OESOEL PEHTJOEN & Makan BATJANG.

Yang akan kami adakan pada Hari Minggu, tgl 13 JUNI 2021, jam 19.00 sd 21.00 WIB.

Perayaan PEHCUN atau yang selalu Indentik dengan LOMBA PERAHU NAGA dan MAKAN BACHANG adalah sebuah Budaya Tionghoa yg berasal dari Tiongkok , 3 Abad Sebelum Masehi dan dibawa oleh Orang Tionghoa serta berakulturasi dengan Budaya yg ada di Nusantara lebih dari seribu Tahun yang lalu dan sampai saat ini masih dilestarikan oleh Peranakan Tionghoa Tangerang yg setiap tanggal 5 bulan 5 Penanggalan Bulan ( Imlek, Lunar) menggelar Pesta Rakyat Lomba Perahu Naga dan Festival Pehcun dan Makan Bachang.

Perayaan ini juga pernah dan masih dilakukan di berbagai kota seperti di Yogyakarta, Palembang, Padang, Banjarmasin, Tanjung Pinang, dll.
Khusus untuk Perayaan di Tangerang, almh. Lilies Suryani penyanyi kondang di era tahun 1960an menyanyikan lagu dalam versi Gambang Keromong berjudul:” Nonton Pehcun di Kali Tangerang dan pada era yang sama, Alm. Benyamin Sueb yg berduet bersama Ida Royani juga menyanyikan lagu yg berjudul:” Kage Jadi Nonton Pehcun”
Banyak kisah menarik lain yg melatar belakangi Perayaan ini dan yang akan dengan Gamblang dan Menarik dibawakan oleh Bpk. Udaya Halim ( Pendiri Museum Benteng Heritage serta

Persaudaraan PERTIWI) selaku Presenter, dengan dipandu oleh Moderator Sdri. Inneke Manaseh dengan didampingi oleh Sdri. Airin Triana selaku MC.
Mengingat sangat besarnya animo Masyarakat yg selalu setia mengikuti Webinar- Webinar yg kami adakan maka untuk tidak ketinggalan Check In, maka kami mohon agar bisa secepatnya Log In. Beranda akan dibuka tepat pada jam 18.50 untuk memudahkan peserta.
Bagi Bapak dan Ibu yang ingin berbagi Cerita Perayaan Pehcun yang ada atau pernah ada di kota atau Daerah masing masing bisa menulisnya di kolom Chat agar Panitia bisa mengundang anda untuk berbagi cerita.

Untuk memudahkan Anda melakukan Log in maka kami lampirkan LINK ( Tautan) dibawah ini.

MBH & PERTIWI are inviting you to a scheduled Zoom meeting.

Topic: Asal Oesoel Pehtjun – Museum Benteng Heritage & PERTIWI
Time: Jun 13, 2021 07:00 PM Jakarta

Join Zoom Meeting
http://bit.ly/MBHPehcun

Meeting ID: 912 4822 9852
Passcode: pertiwi